Windows Defender pada UNBK

Windows Defender, adalah perangkat lunak dari Microsoft untuk melindungi sistem operasi Microsoft Windows dari perangkat pengintai (spyware). Perangkat lunak ini adalah bagian dari Windows Vista dan Windows 7, serta dapat diunduh secara gratis untuk Windows XP dan Windows Server 2003. Pada Windows 8 dan Windows 10, perangkat lunak ini ditingkatkan menjadi program antivirus.

Pada saat gladi bersih UNBK, windows Defender menjadi kendala saat ekstrak file exambrowser baik admin maupun client, karena ada file yang dianggap sebagai virus maka langsung dihapus oleh windows Defender. Anda bisa cek jumlah file saat baru di ekstrak yaitu 14 file, jika windows Defender On dicek ulang jumlah file akan berkurang.

Kendala ini sementara diatasi dengan mematikan windows Defender, memang akhirnya exambrowser bisa berjalan normal, tapi masih ada kendala, ternyata windows Defender akan aktif secara automatis pada waktu tertentu, maka dapat dipastikan jika windows defender tiba-tiba aktif exambrowse tidak bisa jalan, harus mematikan lagi windows Defender dan ekstrak ulang exambroser.

Kendala lain, jika windows Defender off, jaringan tidak aman dari virus tentunya bisa mengganggu koneksi antara server dan client.

Untuk mengatasi kendala diatas, anda bisa dengan menambah exclusions, jika suatu file kita tambahkan sebagai exclusions maka file tersebut diloncati atau tidak discan oleh windows defender. Kalau ada beberapa file yang mau setting exclusions buat folder, semua file simpan di folder tersebut jadi yang disetting exclusion folder tersebut.

Langkah untuk menambah exclusions ExambrowserAdmin pada windows 10 :

  1. Buat folder misalnya di C:\ExambroserAdmin.
  2. Buka windows security dengan memasukan kunci pencarian defender.
  3. Klik Virus & Threat protection atau dengan pilih icon pada menu bar sebelah kiri.
  4. Klik manage Setting, pada Virus & Threat protection Settings.
  5. Gulung layar kebawah sampai pada Exclusions, klik Add or remove exclusions
  6. Klik icon + add exclusions
  7. Klik folder
  8. Arahkan pada folder yang mau ditambah ke exlusions. (misalnya C:\ExambrowserAdmin)
  9. Tutup windwos security.
  10. Copy file exambrowseradmin.rar pada alamat C:\ExambrowserAdmin.
  11. Ekstrak file exambrowseradmin.rar
  12. Buat shortcut exambrowseradmin
  13. Anda bisa coba jalankan exambrowseradmin.

Apabila anda pencarian windows security tidak ditemukan yang ada windows defender, buka windwos defender, klik icon setting, gulung layar ke bawah cari exclusions.

Jika anda bisa berhasil, maka exambrowseradmin dapat berjalan saat windowse defender aktif, keuntungannya disamping exambrowseradmin bisa jalan tidak perlu lagi mematikan windwos defender, anvirus masih bisa aktif.

Leave a Comment